Tiga Hektar Kawasan Hutan Baluran Terbakar

0
BhasaFM
Berjibaku dengan api petugas berusaha memadamkan api secara manual di hutan Baluran (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, hutan Taman Nasional Baluran terbakar, Sabtu siang kemarin. Banyaknya daun kayu jati yang sudah mengering menyebabkan api dengan cepat meluas.

Petugas agak kesulitan memadamkan kobaran api, karena jarak lokasi di tengah hutan sangat sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran. Petugas BPBD bersama petugas Perhutani dan relawan memadamkan api dengan cara manual.

Ada sekitar tiga hektar lahan hutan baluran terbakar, berada di dekat T 12 atau tempat latihan tempur Marinir, di blok licin dan blok TPM 9. Meski harus berjibaku dengan api, petugas dibantu relawan berhasil memadamkan api dua jam kemudian.

BACA JUGA :  Dua Jam Hutan Jati di Petak 40 Desa Klatakan Terbakar

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan, luasnya lahan yang terbakar menjadi penyebab api sulit dipadamkan. Proses pemadaman dilakukan menggunakan peralatan seadanya.

Puriyono mengaku, petugas Perhutani dan BPBD dibantu relawan berhasil melokalisir api, agar kebakaran tak semakin meluas. Menurutnya, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun bisa jadi berasal dari puntung rokok yang di buang sembarangan.