Perjanjian Selesai Ditandatangani, Pembangunan Akses Jalan Menuju Labuhan Merak Nunggu PAPBD 2021 Disahkan

0
85
bhasafm
Penandatangan perjanjian kerjasama antara Taman Nasional Baluran dan Dinas PUPR Pemkab Situbondo, Kamis, 2 September 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo dan Taman Nasional Baluran menandatangani perjanjian kerjasama untuk pembangunan akses jalan menuju labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Penandatanganan perjanjian kerjasama berlangsung di ruang Intelligence Room Pemkab Situbondo, Kamis siang kemarin. Kini pembangunan akses jalan tersebut hanya menunggu pengesahan Perubahan APBD 2021.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan, pembangunan akses jalan akan dimulai dari Dusun Sidomulyo menuju labuhan Merak. Pelaksanaan pembangunan akses jalan dianggarkan melalui PAPBD 2021.

“Saat ini hanya menunggu pengesahan PAPBD karena anggarannya melalui PAPBD 2021. Mudah-mudahan bisa segera disahkan agar pembangunannya bisa segera dilaksanakan,” terangnya,  Kamis, 2 September 2021.

Bupati yang akrap disapa Bung Karna itu menambahkan, berkat kerjasama semua pihak baik dari Pemkab dan Taman Nasional Baluran, pembangunan akses jalan menuju labuhan Merak bisa dilakukan. Selama puluhan tahun warga yang tinggal di labuhan Merak seperti terisolar karena tak memiliki akses jalan. Akibatnya, warga kurang mendapatkan pelayanan secara maksimal dari pemerintah.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Turun Langsung Salurkan Bantuan Pupuk Urea Gratis

Menurut Bung Karna, pembangunan askes jalan ini tentu akan berdampak sangat luas. Selain dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat Merak, juga akan menjadi daya ungkit perekonomian bagi masyarakat Situbondo, mengingat adanya akses jalan tersebut akan meningkatkan kunjungan wisata ke labuhan merak dan Taman Nasional Baluran. Ada sembilan destinasi wisata dalam satu kawasan dan pasti akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bung Karna berharap pembangunan akses jalan tersebut akan selesai sesuai target. Setelah pembangunan jalan selesai, sudah disiapkan pembangunan jaringan listrik  menuju labuhan merak.

“Hari ini saya dan Bu Wabup (Ny. Hj. Khaironi) sangat gembira karena bisa membuka akses jalan ke labuhan Merak yang berpuluh-puluh tahun seperti terisolir. Mohon do’a restunya masyarakat Situbondo agar pembangunan akses jalan itu selesai sesuai target,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain