Pertandingan Hockey Pantai di Situbondo Baru Pertama Kali di Indonesia

0
80
bhasafm
Pertandingan hockey pantai di objek Wisata Beach Forest merupakan yang pertama kali di Indonesia (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Kabupaten Situbondo mencatatkan rekor baru pertandingan hockey pantai.  Pasalnya, pertandingan hockey pantai pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia.

Pertandingan hockey pantai berlangsung di objek Wisata Beach Forest, Desa Katakan, Kecamatan Kendit, disambut antusias  para atlet meski baru dipertandingkan di ajang Porprov. Ada  13  tim putra dan putri mengikuti hockey pantai.

Pertandingan hockey pantai berbeda dengan hockey indoor maupun outdoor. Lapangan hockey pantai lebih pendek mirip lapangan futsal serta menggunakan bola berukuran lebih besar.  Satu tim hockey pantai terdiri dari lima orang, yaitu satu orang kiper dan empat orang pemain.

Menurut Ketua Pengprov Federasi Hockey Indonesia (FHI) Jawa Timur, Michael Donnie Gunawan, pertandingan hockey pantai berlangsung dua hari sejak Sabtu hingga Minggu 2 Juli 2022. Pertandingan hockey pantai ini sekaligus menutup Porprov VII 2022 yang berlangsung sejak 25 Juni hingga 2 Juli.

“Hockey pantai ini merupakan pertama kali di Indonesia, dimulai dari Porprov VII Jatim 2022 di Situbondo. Kami akan mengusulkan agar pertandingan ini juga bisa digelar di PON (Pekan Olahraga Nasional ),” ujarnya.

BACA JUGA :  Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Apresiasi Kebijakan Pasang Foto Kiai As’ad

Pria yang akrab dipanggil Donnie itu menambahkan, permainan hockey pantai memiliki konsep sports tourism, mengingat Indonesia memiliki banyak destinasi wisata pantai. Selain pertandingan regular, setiap daerah bisa menggelar eksibisi hockey pantai untuk mempromosikan destinasi wisata.

“Pada Porprov VIII Jatim 2023 mendatang kami dari federasi akan mengusulkan penambahan satu kategori lagi yaitu hockey es. Kami telah memantangkan konsep dengan belajar ke beberapa negara di eropa,” terangnya.

Sementara itu, hockey pantai masih di dominasi Surabaya dan Malang. Untuk medali emas hockey pantai putra diraih  kota Malng, sedangkan medali perak diraih kota Malang. Sebaliknya, untuk hockey pantai putri medali emas diraih kota Surabaya dan medali perak diraih Kabupaten Malang.

Reporter: Zaini Zain