DPC Demokrat Situbondo Klarifikasi Soal Laporan Dana Kampanye

0

Situbondo- DPC Partai Demokrat Situbondo, melakukan klarifikasi terkait Laporan Dana Kampanye. Partai Demokrat memang belum melaporkan dana kampanye, karena ada kesalahan komunikasi.

Menurut Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo, Janur Sastra Ananda, partainya bukan tidak ingin melaporkan dana kampanye ke KPU Situbondo, melainkan ada kesalahan komunikasi petugas administrasi partainya.

Janur menjelaskan, bagian administrasi Partai Demokrat mengira yang dilaporkan  penggunaan dana kampanye. Sejauh ini, Partai demokrat belum ada pengeluaran dana kampanye, karena kampanye yang dilakukan selalu bersama-sama dengan Caleg Provinsi maupun Calon DPR RI dari Partai Demokrat.

Meski demikian kata Janur, pihaknya pasti akan melaporkan dana kampanye Partai Demokrat ke KPU Situbondo. Hanya saja, Janur belum menyebutkan besarannya. Yang pasti kata Janur, dana kampanye partainya diperoleh dari hasil sumbangan Caleg.

Seperti diberitakan sebelumnya. Sebanyak 16 Partai Politik peserta pemilu di Situbondo, sudah menyetorkan Laporan Dana Kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo 2 Januari lalu. Dari jumlah tersebut, ada delapan Parpol tidak mencantumkan besarnya dana kampanye alias nihil.

Dari 16 Parpol Peserta pemilu di Situbondo, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menjadi partai yang memiliki dana kampanye terbesar yaitu 354 juta rupiah. Selanjutnya disusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sebesar 116 juta 330. Partai Golkar 66 juta 177. PDI Perjuangan 47 juta 623. PKS memiliki dana kampanye 37 juta 746. Partai Hanura 33 juta 668. Perindo 17 juta 330 dan PAN sebesar 15 juta.