Polisi dan Bawaslu Awasi 150 Pekerja Melipat Surat Suara Pemilu

0
BhasaFM
150 pekerja dikerahkan menyotir dan melipat surat suara Pemilu di gudang logistik KPU Siubondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 150 orang pekerja dikerahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo, untuk menyotir dan melipat surat Pemilu. Bawaslu dan Polisi melakukan pengawasan selama proses penyotiran dan pelipatan berlangsung.

Penyotiran dan pelipatan surat suara dilakukan di gudang logistik KPU Situbondo, di Jalan PB Sudirman. Sebanyak 150 pekerja yang dikerahkan KPU tersebut rata-rata ibu rumah tangga.

Menurut Komisioner KPU Situbondo, Agus Cahyono Basuki, penyotiran dan pelipatan surat suara tak hanya diawasi Bawaslu dan mendapatkan pengamanan aparat kepolisian, KPU juga memasang kamera CCTV di dalam ruang pelipatan surat suara.

Agus Cahyono mengaku, untuk penyotiran dan pelipatan hari pertama, para  pekerja melipat surat suara untuk calon DPRD Provinsi Jawa Timur. Selama penyotiran berlangsung pekerja tak menemukan surat suara rusak.

Agus Cahyono menambahkan, KPU menargetkan satu minggu pelipatan surat suara selesai. Oleh karena KPU melibatkan 150 tenaga kerja lepas untuk mempercepat proses pelipatan surat suara tersebut. Sebagian pekerja ibu rumah tangga dan ada pula kaum disablitas.