PMI Gelar Donor Darah Massal Sehabis Buka Puasa

0
102
bhasafm
Petugas PMI sedang melayani pendonor darah di alun-alun Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kegiatan donor darah massal untuk menambah cadangan stok darah menjelang hari raya  idul fitri. Kegiatan donor darah dilakukan di alun-alun Situbondo setiap malam Rabu dan Minggu.

Ketua PMI Situbondo, Sofwan Hadi mengatakan, kegiatan donor darah itu rutin dilakukan sehabis buka puasa. Saat ini, stok darah masih cukup namun butuh stok cadangan menjelang lebaran.

“Alhamdulillah antusias masyarakat mendonorkan darahnya cukup tinggi. Mereka memiliki kepedulian tinggi untuk kemanusiaan,” terangnya

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Bertemu Kejari dan Kepala Pengadilan Negeri

Sofwan menambahkan, saat ini stok darah di PMI masih cukup terutama golongan darah A dan AB. PMI memerlukan stok lebih banyak untuk golongan darah B dan O.

Menurut Sofwan, untuk malam minggu pendonor darah cukup banyak hingga mencapai 60 kantong. Setiap warga yang mendonorkan darahnya mendapatkan bingkisan suplemen untuk mengganti darah yang mereka donorkan.

“Kami butuh stok cadangan golongan  darah B dan O. Jadi masyarakat yang memiliki golongan darah itu bisa mendonorkan diri,” ujarnya

Reporter: Zaini Zain