PMI Tegaskan Stok Darah Aman Selama Pandemi Covid-19

0
32
bhasafm
Ketua PMI Situbondo, Sofwan Hadi (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Palang Merah Indonesia (PMI) Situbondo merilis stok darah aman selama masa pandemi Covid-19. Stok darah di PMI masih terus bertambah, karena adanya kegiatan kemanusiaan donor darah sejumlah instansi dan organisasi sosial masyarakat.

Ketua PMI Situbondo, Sofwan Hadi mengatakan, selama pandemi Covid-19 PMI tak pernah kekurangan stok darah. Laporan terakhir, stok darah golongan B masih cukup banyak.

Sofwan menambahkan, Selama ini PMI melakukan jemput bola dengan menggelar donor darah massal di sejumlah tempat umum. Selain itu, ada bantuan donor darah melalui donor darah massal TNI,Polri maupun sejumlah organisasi seperti Ansor NU.

“Alhamdulillah selama ini stok darah kita mencukupi berkat adanya donor darah kemanusian di sejumlah tempat umum maupun oleh organisasi dan instansi TNI,Polri,” ujarnya, Rabu, 22 September 2021.

BACA JUGA :  Berkunjung ke Galery Akar Dewa Jati, Buyer Amerika Pesan Kerajinan Erosi Untuk Pemeran

Tak kalah pentingnya kata Sofwan, tahun ini PMI akan mendapatkan alat kesehatan berfungsi sebagai pemisah darah dan trombosit. Selama ini,PMI tak memiliki alkes tersebut padahal sangat diperlukan untuk keperluan pasien.

“Selama ini kita ngampung ke PMI di Bondowoso atau Jember untuk memisahkan darah dan trombosit karena kita tidak punya alkesnya,”katanya.

Menurut Sofwan, kebutuhan alkes untuk memisahkan darah dan trombosit itu mendapat respon Bupati Karna Suswandi. Dengan alat tersebut, pelayanan PMI kepada pasien akan lebih optimal.

“InsyaAllah tahun ini kita sudah punya alatnya. Pak Bupati sangat merespon dan berjanji akan menyediakan alat untuk pemisah darah dan trombosit,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain