Pompa Sumur Bor Rusak, Warga Dusun Polay Alami Kekurangan Air Bersih

0
109
Gambar oleh rony michaud dari Pixabay

Situbondo, bhasafm.co.id- Kerusakan pompa sumur bor sejak dua bulan terakhir di Dusun Polay, Desa Jatisari, Kabupaten Situbondo, mengakibatkan 114 kepala keluarga kekurangan air bersih.

Pemerintah Kabupaten Situbondo – Hari Pendidikan Nasional

Untuk mengatasi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Situbondo, mendistribusikan air bersih sebanyak 5.000 liter air setiap hari ke dusun tersebut, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga terdampak.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim, mengenai perbaikan pompa sumur bor yang rusak tersebut. Bahkan, kemarin ESDM provinsi datang ke lokasi dan melihat kondisi pompa sumur bor yang rusak dan akan segera menggantinya.

Kata Bupati, bahwasanya kerusakan sumur bor akibat kurangnya perawatan sehingga sumur bor tidak berfungsi dengan baik. Selama dua bulan terakhir, warga sekitar memanfaatkan air tadah hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto mengaku bahwa pihaknya telah mendistribusikan air bersih terhitung sejak kemarin kepada warga Dusun Polay, yang mengalami kekurangan air bersih.

Dan informasi dari ESDM provinsi setelah datang ke lokasi, bahwa pompa sumur bor yang selama ini menggunakan bahan bakar minyak (BBM) solar, akan diganti menggunakan tenaga listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.