Puluhan Santri Terima Beasiswa Kuliah ke Mesir

0
430
bhasafm
Seorang santri penerima beasiswa ke Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir berpamitan kepada orang tuanya (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Puluhan santri mendapat beasiswa kuliah ke Universitas Al- Azhar, Kairo, Mesir. Ada 21 santri menerima beasiswa melanjutkan pendidikan studi S1 ke Mesir melalui Jam’iyah Tahfidz Qur’an Ponpes Al-Azhar, yang beralamat di Kompleks Perum Bumi Ayu, Kelurahan Dawuhan, Kabupaten Situbondo.

Menurut Nur Hidayat,  Pengasuh Ponpes Al-Azhar Jam’iyah Tahfidz Qur’an, lembaga pesantren tahfidz yang dikelolanya memang secara khusus memberangkatkan santri yang ingin kuliah ke Mesir. Sebanyak 21 santri tahun ini berangkat kuliah ke Al-Azhar Mesir mendapat beasiswa pemerintah.

“Kami rutin setiap tahun memberi peluang bagi santri kami melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir,” ujar Nur Hidayat.

Nur Hidayat menambahkan, pihaknya memberangkatkan santri kuliah ke Mesir sejak 2015 silam. Sudah ada sekitar 50 lebih santri berkesempatan mengenyam pendidikan di Universitas Al- Azhar.  Sebelum berangkat ke Mesir, puluhan santri telah diberi pembekalan khusus, baik berupa ilmu bahasa Arab maupun ilmu Syari’ah.

BACA JUGA :  Polres latih Linmas Jelang Pelaksanaan Pilkades Serentak

Selain ke Mesir, Nur Hidayah mengaku sudah menjalin kerjasama untuk beasiswa ke Tunisia, Yordania dan Turki. Kemungkinan mulai tahun depan akan dijaring santri untuk mengikuti proses beasiswa kelima Negara, yaitu ke Mesir, Sudan, Tunisia, Yordania dan Turki.

“Sebagian besar dari mereka dapat beasiswa penuh. Ada juga yang hanya dapat beasiswa pendidikannya. Sedangkan biaya hidup selama lima tahun di Mesir ditanggung pihak keluarga,” terangnya.

Sementara itu, Muhammad Syahid Nabil Abdullah, salah seorang santri penerima beasiswa mengaku senang mendapat kesempatan kuliah ke Universitas Al-Azhar. Selama ini dirinya sering mendapat cerita kualitas pendidikan di Al-Azhar sangat bagus dan menjadi salah satu kiblat bidang keislaman dunia.

“Kami termotivasi mengikuti program beasiswa ini karena Al-Azhar sudah sangat terkenal di dunia. Kami mengikuti semua proses penjaringan beasiswa melalui bimbingan dari Jam’iyah Tahfidzil Quran,” paparnya.

Reporter: Zaini Zain