Rasanya Manis, Bung Karna Sebut Jeruk Situbondo dengan Nama “Jesi”

0
19
bhasafm
Bupati Situbondo saat ikut memanen tanam jeruk di Desa Juglangan, Kecamatan Panji, Kamis, 10 Juni 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi ikut memanen jeruk di kebun seluas 25 hektar di Desa Juglangan, Kecamatan Panji. Bupati menyebut jeruk Situbondo dengan singkatan nama Jesi. Tak hanya rasanya yang manis, Jesi dinilai berpeluang masuk pasar modern karena kualitasnya sangat bagus.

Menurut Karna Suswandi, jeruk Situbondo memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan jeruk Semboro. Selain rasanya manis, jeruk Situbondo juga lebih bersih dan mengkilat.

“Kualitasnya bisa dibuktikan sendiri. Kita semua tadi sudah mencoba dan rasanya manis. Selain itu kulitnya mengkilat katanya orang sekarang glowing,” katanya, Kamis, 10 Juni 2021.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu mengaku akan terus mendorong para petani yang ingin mengembangkan tanaman jeruk, karena memiliki daya ungkit perekonomian cukup bagus. Setiap hektarnya bisa menghasilkan 35 ton jeruk setiap musim. Kalau dihitung dengan harga jeruk saat ini, maka penghasilan yang bisa diperoleh petani setiap musim bisa mencapai 560 juta perhektar.

BACA JUGA :  10 Karyawannya Positif Covid-19, Satgas Tutup Sementara Perusahaan Pembenihan Udang

Bung Karna menambahkan, saat ini tanaman jeruk Situbondo memang masih kurang dikenal. Kedepan perlu dibranding agar bisa dikenal secara luas. Selain harus menjangkau semua pasar tradisional, perlu ada pengemasan yang bagus agar jeruk Situbondo bisa masuk pasar modern.

“Kami akan terus mendorong masyarakat yang ingin mengembangkan tanaman jeruk karena penghasilannya sangat menjanjikan,” ujarnya.

Sementara itu, pemilik kebun jeruk H. Sulton mengaku, baru lima tahun terakhir ini mengembangkan tanaman jeruk. Jeruk yang identik hanya cocok ditanam di daerah dingin, ternyata bisa juga ditanam di daerah yang memiliki suhu udara panas seperti di Situbondo.

“Dulu saat kami tawarkan jeruk Situbondo diketawai. Sekarang, jeruk Situbondo sudah laris manis dikirim ke berbagai daerah seperti Yogjakarta, Jakarta dan Bandung,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain