Rawan Pelanggaran, Bawaslu Mulai Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Daerah Terpencil

0
148
BhasaFM
Bawaslu sosialisasi pengawasan partisipatif di daerah terpencil (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bawaslu mulai menyasar sosialisasi pengawasan partisipatif di daerah-daerah terpencil, mengingat daerah tersebut dinilai rawan terjadinya pelanggaran Pemilu. Pengawasan partisipatif ini melibatkan langsung masyarakat.

Kali ini, sosialisasi di lakukan di Kecamatan Sumbermalang. Sosialisasi melibatkan berbagai unsur mulai tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Mereka berasal dari beberapa desa di daerah terpencil.

Menurut Ketua Bawaslu Situbondo, Murtapik, pihaknya memberikan sosilisasi pengawasan partisipatif, untuk memberikan wawasan kepada masyarakat sebagai mitra Bawaslu melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Turun Langsung Salurkan Bantuan Pupuk Urea Gratis

Pria yang akrab dipanggil Lopa itu menambahkan, di daerah-daerah terpencil memang sangat rawan terjadi pelanggaran Pemilu seperti money politik. Oleh karena itu, melalui pengawasan partisipatif akan memudahkan jajaran Bawaslu melakukan pengawasan.

Lopa menambahkan, beberapa desa di Kecamatan Sumbermalang sangat sulit dijangkau. Oleh karena itu, Bawaslu berkomitmen mengefektifkan pengawasan partisipatif dengan cara melibatkan masyarakat langsung.