Rencana Bung Karna Buka Wisata Merak – Baluran Menemui Titik Terang

0
209
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memaparkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Situbondo (Foto dokumen zaini zain)

Situbondo-Langkah Bupati Situbondo, Karna Suswandi membuka destinasi wisata Merak-Baluran mulai menemukan titik terang. Secara khusus Dirjen Konservasi SDA dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, akan berkunjung ke Taman Nasional Baluran, hari ini Kamis, 25 Maret 2021.

Menurut Karna Suswandi, akan ada MoU ulang antara Pemkab Situbondo dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait pembukaan jalur wisata Merak-Baluran, di Kecamatan Banyuputih.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menambahkan, kunjungan Dirjen ke Situbondo salah satunya dalam rangka MoU, karena perjanjian pemerintah sebelumnya belum menyentuh pembangunan infrastruktur.

“Akan kami lakukan MoU ulang dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait pembukaan wisata Merak-Baluran,” katanya.

BACA JUGA :  Antusias, 538 Santri dan Warga Ikut Serbuan Vaksin di Pondok Pesantren As-Salam

Bung Karna menambahkan, ada beberapa tambahan dalam MoU nanti, seperti pembangunan infrastruktur dan pemasangan listrik, mengingat sudah ada sekitar 1.000 jiwa yang tinggal di kawasan TN Baluran tepatnya di Pedukuhan Merak.

“Kalau infrastruktur sudah dibangun, listrik sudah bisa masuk ke perkampungan, maka pemberdayaan masyarakat juga akan terbangun,” terangnya.

Menurut Bung Karna, MoU tersebut merupakan landasan pembangunan destinasi wisaata Merak-Baluran. Pihaknya melakukan lobi-lobi ke sejumlah Kementerian di Jakarta untuk mempercepat pembangunan destinasi wisata Merak-Baluran.

“Semoga dalam dekat segera terealisasi, bantu doa dan partisipasinya  karena ini merupakan ikhtiar kita bersama,” sambungnya.

Reporter : Zaini Zain