Rumah Nenek 61 Tahun Diterjang Puting Beliung, BMKG Ingatkan Risiko Bencana Hidmeteorologi

0
97
bhasafm
Rumah seorang nenek 61 tahun diterjang angin puting beliung, Kamis sore 26 Agustus 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Angin puting menerjang rumah warga di Dusun Mimbo RT 003 RW 001, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, sore kemarin. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko bencana hidmeteorologi atau bencana yang dipicu faktor cuaca.

Rumah yang terkena angin puting beliung milik seorang nenek berusia 61 tahun bernama Ummiyati. Pemilik rumah sempat panik dan berhamburan keluar rumah setelah mendengar suara gemuruh menerjang rumahnya.

Menurut anak Ummiyati, Edy Susanto, angin puting beliung itu menderu-deru dari arah utara dan memutar di atas rumahnya. Hanya dalam hitungan detik atap rumah berserakan dan beberapa asbes rumah juga ikut runtuh.

BACA JUGA :  Diduga Bersumber Dari Tabung Gas, Dua Rumah Warga Terbakar

“Kejadiannya pukul 13.40 Kamis sore tadi. Semua kaget mendengar suara angin menderu kencang. Ini asbes rumah juga ikut runtuh,” katanya, 26 Agustus 2021.

Sementara itu, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, BMKG telah mengeluarkan himbauan akan risiko terjadinya bencana Hidmeteorologi. Bencana Hidmeteorologi dipicu oleh factor cuaca, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

“BMKG mengingatkan seluruh daerah untuk melakukan langkah antisipasi mitigasi bencana, karena tahun ini diperkirakan hujan akan turun lebih awal. Dibeberapa daerah di Indonesia akan mulai turun hujan September mendatang,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain