Rumah Warga Nyaris Ambruk Diterjang Gelombang Pasang

0
82
bhasafm
BERANTAKAN-Rumah warga pesisir pantai berantakan diterjang gelombang pasang (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebuah rumah warga nyaris ambruk setelah diterjang gelombang pasang, siang kemarin. Cuaca ekstrem tersebut juga memicu terjadinya banjir rob di kawasan pesisir Dusun Laok Bindung RT 05 RW 05, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan.

Rumah warga yang mengalami rusak berat diterjang gelombang pasang milik Mistoro, (79). Rumah semi permanen yang ditempati Mistoro bersama tiga orang anggota keluarganya itu berantakan dan tidak bisa lagi ditempati.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, tidak ada korban dalam kejadian tersebut, karena pemilik rumah sudah lebih dulu mengungsi sebelum rumahnya diterjang gelombang.

“Kami bersama Muspika Kapongan sudah turun dan mendata rumah semi permanen milik korban yang mengalami rusak berat,” ujarnya, Minggu, 11 Juli 2021.

BACA JUGA :  Kunjungan Wapres KH. Ma’ruf Amin ke Pondok Pesantren Sukorejo Terapkan Prokes Ketat

Menurut Puriyono, banjir rob di kawasan pesisir Dusun Laok Bindung berlangsung  sekitar 2 jam. Gelombang pasang disertai angin kencang menyebabkan banjir rob. Warga mulai merasa tenang, setelah air laut yang  masuk ke dalam rumah berangsung-angsur surut. Puriyono mengimbau masyarakat tetap waspada mengantisipasi adanya banjir rob susulan.

“Kami mengimbau masyarakat di tepi pantai untuk meningkatkan kewaspadaan, karena khawatir masih terjadi cuaca ekstrem dan memicu terjadinya banjir rob,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain