Satgas Covid-19 Situbondo Tes Swab 12 Pelajar PKL Asal Sumatera

0
74
bhasafm
Satgas sedang melakukan tes Swab 12 pelajar asal Sumatera Barat copy (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 12 pelajar asal Sumatera masih menjalani karantina di wisma rengganis GOR Baluran Situbondo. Para pelajar itu juga sudah dilakukan tes Swab untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Para pelajar itu diamankan petugas pos penyekatan larangan mudik di  pelabuhan jangkar. Mereka baru datang dari Pulau Ra’as sehabis mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Para pelajar itu merupakan siswa kelas XI jurusan Nautika Kapal  Penangkapan Ikan di SMK Negeri 2 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Konon mereka praktek kerja lapangan melalui Pati Jawa Tengah, namun tempatnya menangkap ikan di perairan Ra’as Madura. Para pelajar itu ikut kapal dari pulau Ra’as ke pelabuhan Jangkar karena sudah dua bulan lebih praktek kerja lapangan.

BACA JUGA :  Satgas Target Cakupan Vaksin 75 Persen Tuntas 10 Desember

Salah seorang siswa, Miko Pratama,mengatakan, dirinya dan rekan-rekannya sudah selesai mengikuti PKL dan menunggu dijemput pembimbing sekolah. Namun karena ada kendala di jalan, dirinya dan rekan-rekannya nekat ingin pulang kampung sendiri.

“Kami sebenarnya akan dijemput tapi pihak sekolah terkena operasi penyekatan di Tuban dan diputar balik. Kami ingin pulang kampung sudah kangen keluarga,” katanya, Sabtu, 7 Mei 2021.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Situbondo, Syaifullah, mengaku masih akan berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait pemulangan 12 orang siswa tersebut. Mereka juga dilakukan tes Swab untuk dokumen perjalanan ke Sumatera.

“Kita tunggu hasil Swabnya. Kalau hasilnya negatif kita bantu koordinasi pemulangannya dengan pihak sekolah dan keluarga mengingat mereka masih pelajar,”terangnya

Reporter: Zaini Zain