Satgas Situbondo Temukan Dua Pasien Covid-19 Klaster Madura

0
44
bhasafm
Rapid Anigen-Penumpang Kapal asal Madura menjalani tes antigen di Pelabuhan Kalbut, Kamis, 10 Juni 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Satgas Covid-19 Pemkab Situbondo menjaring dua pasien Covid-19 klaster Madura. Keduanya dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes antigen di pelabuhan Jangkar. Kedua pasien itu diduga klaster Madura karena baru perjalanan dari Madura.

Dua orang pasien merupakan penumpang kapal feri rute Madura-Jangkar. Mereka adalah S (47), seorang perempuan asal Jenggawa, Kabupaten Jember dan R (43), laki-laki asal Sreseh, Kabupaten Sampang  Madura.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Dwi Herman Susilo, kedua pasien itu langsung dilakukan karantina di Puskesmas Arjasa.  Awalnya hanya diketahui reaktif, namun setelah dilakukan tes Swab ternyata positif Covid-19.

“Saat dilakukan rapid tes di pelabuhan keduanya reaktif. Satgas kemudian melakukan Swab dan hasilnya positif,” katanya, Kamis, 10 Juni 2021.

BACA JUGA :  Rasanya Manis, Bung Karna Sebut Jeruk Situbondo dengan Nama “Jesi”

Menurut Dwi, kedua pasien tersebut termasuk pasien OTG atau Orang Dengan Tanpa Gejala. Untuk pasien S asal Jember akan dijemput pihak keluarga dan akan menjalani isolasi mandiri di rumah, sedangkan pasien R masih menjalani karantina di Puskesmas Arjasa.

“Untuk penanganan medis pasien yang dijemput pulang akan diserahkan kepada Satgas di daerahnya. Pemulangan akan menggunakan prokes ketat,” ujarnya.

Data terbaru Satgas Covid-19 Situbondo menyebutkan ada tambahan pasien Covid-19 di Situbondo sebanyak 14 pasien.  Saat ini jumlah total pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan medis sebanyak 27 orang, terdiri dari 4 pasien dirawat di rumah sakit, 9 pasien di karantina di gedung observasi serta 14 pasien isolasi mandiri.

Reporter: Zaini Zain