Sehari Tiga Pohon Tumbang di Jalan Raya Pantura Situbondo

0
141
Bhasafm
POHON TUMBANG: Arus lalulintas kembali normal setelah petugas berhasil mengevakuasi pohon ke tepi jalan (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan tiga pohon  di jalan pantura Situbondo tumbang menutup ruas jalan.  Tiga pohon itu tumbang secara bergantian hingga menyebabkan arus lalulintas tersendat.

Kejadian pohon tumbang jenis trembesi itu pertama kali di jalan pantura Kecamatan Bungatan. Selanjutnya, pohon serupa juga tumbang di jalan raya Pantura Kecamatan Kapongan hingga menutup badan jalan sekitar pukul 13.00.

Tak sampai disitu, sekitar pukul 16.00, giliran pohon trembesi di Jalan Raya Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, juga tumbang menutup ruas jalan. Beruntung, tidak ada kendaraan melintas saat pohon besar itu tumbang ke jalan raya.

Menurut Sutikno, seorang saksi mata, begitu pohon tumbang para pengendara dari arah Situbondo dan Banyuwangi berhenti seketika. Tak berapa lama, petugas lalulintas datang mengatur arus lalulintas di lokasi.

BACA JUGA :  Wapres KH. Ma'ruf Amin didampingi KH.R.Ahmad Azaim Ibrahimy dan Bupati Situbondo, Karna Suswandi, saat memantau pelaksanan vaksin massal bagi santri pondok pesantren Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo

“Para pengendara langsung berhenti mendadak begitu melihat pohon tumbang  ke jalan,” kata Sutikno, warga setempat.

Sementara itu, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan,  pohon tumbang ke jalan raya setelah terjadi hujan sejak malam hingga siang hari. Hujan disertai angin kencang membuat pohon yang sudah rapuh itu tumbang.

Puriyono menambahkan, berdasarkan update perkiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Situbondo.

“Kami sekitar pukul 14.30 menerima update dari BKMG dan Situbondo termasuk yang berpotensi hujan sedang-lebat disertai angin dan petir, ujarnya.