Sensasi Melihat Ribuan Burung Bangau di Kampung Blekok Saat Pagi Hari

0
82
bhasafm
Ribuan burung blekok berterbangan d atas pohon mangrove saat pagi hari (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Anda penyuka wisata alam?. Tak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati keindahan panorama alam, karena di kampung blekok menyajikan wisata harmoni perpaduan ekosistem alam yaitu tanaman mangrove, pantai dan burung blekok.

Bila anda datang berkunjung pagi mapun sore hari, anda akan menyaksikan ribuan burung blekok berterbangan. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikaan sunset dari bibir pantai. Bila suasananya cerah, matahari yang akan beranjak ke peraduan akan terlihat sempurna.

Wisata Kampung Blekok di kawasan pesisir Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, masuk list destinasi wisata alam terbaik di Indonesia. Kampung blekok telah menerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 lalu. Tak heran, banyak pengunjung asal luar kota mengaku terkesima melihat keindahannya.

Salah satunya Ruly Ferdiansyah, pengunjung asal Kabupaten Bondowoso. Berkunjung ke kampung Blekok sudah menjadi agenda rutin setiap minggu. Selain ingin berwisata, ia mengaku juga memiliki hoby memancing.

BACA JUGA :  Kelompok Tani Diberi Bantuan Armada Angkut Roda Tiga

“Biasanya saya mancing di jembatan tak jauh dari kampung blekok. Dari jembatan itu saya bisa melihat burung, sunset dan hamparan hutan mangrove,” ujarnya, Minggu, 17 Jui 2022.

Kampung blekok merupakan baru diluncurkan Pemkab Situbondo 2018 silam.  Kampung blekok diambil dari nama burung bangau yang biasa warga setempat menyebutnya burung blekok. Kampung blekok terdiri dari hamparan hutan mangrove sekitar 6 hektar lebih.

Hutan mangrove di kampung blekok diperkirakan berjumlah 12 ribu lebih pohon. Ada  11 macam burung bangau di kampung blekok dan 3 jenis burung bangau diantaranya masuk kategori dilindungi, yaitu Burung jenis Kuntul Kecil (Egretta garzetta), Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis) dan Gajahan Pengala (Numenius phaeopus).

Reporter: Zaini Zain