Shena Malsiana Tuangkan Perasaannya dalam ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’

0
13
Shena Malsiana - Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti

Mabes Music- Jakarta, 14 September 2022 – Patah hati merupakan perasaan yang lumrah dialami oleh banyak orang. Akan tetapi, terkadang patah hati pun diikuti oleh perasaan lain yang datang dalam berbagai rupa. Penyanyi dan penulis lagu Shena Malsiana merilis single berjudul ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’  yang berangkat dari luapan berbagai perasaan yang ia rasakan usai patah hati.

Namun, tidak hanya menjadi tempatnya menuangkan perasaan, ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’ juga menjadi jembatan yang akan mengantarkan para pendengarnya menuju album penuh pertama dari Shena Malsiana. Album tersebut bakal rilis pada Oktober 2022

Uniknya, meski berkisah mengenai cerita pribadi Shena Malsiana setelah patah hati, lagu ini justru berangkat dari ketidakmampuannya untuk memproses perasaan tersebut ke dalam sebuah lagu.

“Lagu ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’ itu sebenarnya lebih dari lagu patah hati, jadi lagu ini tentang orang yang patah hati tapi ikhlas. Saat itu, gue sakit hati banget sama seseorang, tapi entah kenapa justru kali ini kok malah nggak bisa nulis itu jadi lagu? Jangan-jangan gue ikhlas nih untuk disakiti sama dia. Jadi perasaan itu, ketidakmampuan untuk bikin lagu buat dia itu yang gue jadikan lagu,” ujar Shena mengenai kisah di balik pembuatan lagu tersebut.

Ketika menggarap lagunya, Shena Malsiana langsung menemukan bagian chorus secara mengalir. Tetapi, untuk membuatnya menjadi lagu yang utuh, ia dan timnya membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan.

Tentunya, dalam prosesnya penggarapan ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’, Shena Malsiana tidak hanya meramunya seorang diri. Dia dibantu oleh Anugrah Swastadi atau Uga yang bertindak sebagai produser sekaligus teman diskusinya dalam menulis lagu.

BACA JUGA :  Perkenalan Effortone Dengan Mini Album Berjudul "Be[r]lagu"

Rupanya, dalam proses pengerjaannya, Shena Malsiana merasakan tantangan tersendiri. Ia sempat cukup lama berdiskusi dengan Anugrah Swastadi mengenai aspek musik. Shena Malsiana ingin agar ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’ menjadi lagu yang terdengar jujur apa adanya tanpa banyak dipoles.

Menurut Shena, hal itu menunjukkan bahwa lewat ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’, ia ingin membagikan cerita dan perasaannya pada para pendengar tanpa harus ada yang ditutupi. Tetapi, Shena juga menginginkan lagu itu menjadi lagu sebuah lagu yang baik.

“Kesulitannya waktu itu sempat diskusi agak lama di lagu ini karena lagu ini tuh sulit. Aku ingin lagu ini terdengar senatural mungkin. Gimana lagu ini terkesan dibuat benar-benar saat gue lagi di depan piano, apa adanya, jujur, tapi tetap rapi,” ungkap Shena.

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, ‘Terlalu Ikhlas Untuk Kau Sakiti’ nantinya akan menjadi pembuka bagi album penuh perdana dari Shena Malsiana yang akan berjudul ‘Fragmen’.

Bagi Shena Malsiana, judul ‘Fragmen’ adalah penggambaran dari proses yang ia lewati ketika membuat lagu. Ia bercerita, ketika menulis sebuah lagu, ia biasanya memulainya dari satu penggalan, kemudian berlanjut pada penggalan lainnya. Proses itu tak ubahnya ia pandang layaknya mengumpulkan kepingan fragmen yang menjadi satu.