Stok Oksigen Menipis, Bung Karna Turun Sendiri Carikan Pinjaman Tabung Oksigen Untuk Pasien Covid-19

0
82
bhasfm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat meminjam tabung oksigen untuk bantu pasien Covid-19 yang sedang opname di rumah sakit

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi bergerak cepat, mencari stok tabung oksigen ke sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit, Sabtu siang kemarin. Bupati mencari pinjaman tabung oksigen sendiri untuk menolong pasien Covid-19 yang sedang opname, mengingat stok oksigen di rumah sakit hanya cukup digunakan untuk dua jam.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu meminjam tabung oksigen di rumah sakit dan puskesmas yang tak terpakai. Hanya dalam waktu satu jam, Bupati mengumpulkan 50-an tabung oksigen dan langsung dikirim ke sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

“Ini masalah kemanusian, saya turun sendiri mencari pinjaman karena emergency. Kasihan pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan kalau sampai kehabisan tabung oksigen,” katanya kepada petugas farmasi di RSUD Besuki, Sabtu, 24 Juli 2021.

Menurut Bung Karna, dirinya bergerak  meminjam tabung oksigen setelah mendengar tabung oksigen di Rumah Sakit Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Mitra sehat sudah menipis, padahal  di dua rumah sakit rujukan itu terdapat ratusan pasien Covid-19 sedang menjalani perawatan.

BACA JUGA :  Berkunjung ke Galery Akar Dewa Jati, Buyer Amerika Pesan Kerajinan Erosi Untuk Pemeran

Bung Karna menambahkan, dirinya meminjam tabung oksien di  rumah sakit yang tak terpakai karena sedang di lockdown atau memiliki stok tabung oksigen lebih. Bung Karna meminta pihak rumah sakit rujukan pasien Covid-19, agar benar-benar memantau ketersediaan stok oksigen, agar kejadian serupa tak terulang lagi.

“Memang ada keterlambatan pengiriman oksigen ke Situbondo karena ada kerusakan armada dari pihak penyalur. Alhamdulillah, saya lega setelah dapat pinjaman untuk para pasien di rumah sakit,” terangnya.

Data terbaru dari pihak Rumah Sakit Abdoer Rahem Situbondo menyebutkan, sudah ada pengiriman sebanyak 2000 liter oksigen liquid, Sabtu malam kemarin. Setiap harinya pihak rumah sakit membutuhkan 50 hingga 60 tabung oksigen untuk sekitar 136 pasien Covid-19.

Reporter: Zaini Zain