Strategi Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Situbondo Adakan Ngobrol Bareng Polantas

0
116

Situbondo, bhasafm.co.id- Satlantas Polres Situbondo, punya terobosan baru yang dikemas dengan Program Ngobrol Bareng Polantas atau Ngobras.

Program ini sebagai bentuk sosialisasi persuasif kepada masyarakat khususnya kepada para pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas.

Kasatlantas AKP Suwarno mengatakan, Program Ngobras ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang tertib berlalu lintas.

Ngobrol Bareng Polantas berlangsung di warung kopi di sekitar Stadion Gelora Muhammad Saleh. Warga yang lagi ngopi dan berada di sekitar lokasi tersebut diajak ngobrol tentang lalu lintas dan keselamatan berkendara.

Ada sopir, ojek online atau ojol, dan masyarakat di sekitar lokasi yang diajak ngobrol bareng polisi. Untuk memancing minat warga agar ikut nimbrung dalam obrolan tersebut, petugas memberikan hadiah gratis di antaranya, helm, tas, dan jas hujan.

Kata Kasatlantas AKP Suwarno, sosialisasi tentang keamanan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) harus dikemas dengan cara yang menarik dan humanis, agar masyarakat tertarik.

Dalam obrolan santai tersebut, petugas juga menguji pengetahuan masyarakat dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar lalu lintas termasuk peralatan yang harus disiapkan sebelum berkendara seperti helm dan surat kendaraan.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan,  bahwa Program Ngobras ini menjadi salah satu program pendidikan masyarakat (Dikmas) yang dilaksanakan secara berkelanjutan kepada para pengguna jalan, komunitas masyarakat, dan juga di sekolah-sekolah tinggi.

Melalui Program Ngobras ini angka kecelakaan bisa ditekan. Sebab sebagian besar kecelakaan itu disebabkan oleh kelalaian dalam berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.