Tadris Sejarah Hubungan Sayyidah Siti Khatijah Dengan Rasulullah SAW

0
72
bhasafm
Ustadz Mohammad Sholeh Zubair sedang memberikan pengajian kitab di gubuk depan kampus baru ( foto: tim salaf )

Situbondo-Hujan bukanlah halangan bagi Ustadz Muhammad Sholeh Zubair untuk mengajar Kitab Sejarah Kesetiaan Sayyidah Siti Khatijah kepada Nabi Muhammad SAW. Gubuk halaman kampus Universitas Ibrahimy, menjadi tempat teduh mengaji di tengah rintik syahdu hujan.

Pondok paling barat di antara tiga pondok, Sabtu (6,2), menjadi pilihan ustad yang bergelar Magister Ilmu Fiqih, mengajar kitab gubahan, Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki. Program mengaji sejarah istri Rasul tersebut, sebagai aktivitas mengisi waktu luang, libur kuliah setelah ujian smester ganjil.

“Menurut ustadz asal Kabupaten Jember ini, kegiatan dilaksanakan pukul satu siang hingga pukul dua. pengajian ini bukan dari organisasi, tapi hanya pengajian saja, terang pria yang sering bersongkok putih tersebut”.

BACA JUGA :  PMI Tegaskan Stok Darah Aman Selama Pandemi Covid-19

Pengajian diikuti Sembilan santri dari berbagai asrama. kegiatan dibuka untuk umum. “siapa saja yang mau ikut”, ungkap beliau saat diwawancarai setelah pengajian. Dalam pengajiannya, ustadz yang pernah berasrama di Ma’had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah tersebut menerangkan,  betapa Sayyidah Siti Khotijah mengagumi Rasulullah karena akhlak mulianya. Kemudian Sayyidah mengajak Rasulullah untuk bermitra dagang agar terus bisa dekat, dengan tawaran fasilitas terbaik, yang tidak pernah diberikan kepada mitra manapun.

“kalau kita contohkan zaman sekarang, mungkin orang lain difasilitasi Kijang Inova, Rasulullah karena terpercaya dikasih Alphard, kira-kira seperti itu”, tutur ustad dalam ceramah beliau dengan ekspresi senyum.

Reporter : Tim salaf