Tiga Komplotan Spesialis Pembobol Toko Lintas Provinsi Tiba di Polres Situbondo, Pelaku Mengaku 13 Kali Beraksi

0
400
BhasaFM
Tiba di Polres Situbondo tiga pelaku spesialis pembobol toko langsung di introgasi (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Tiga kawanan pencuri spesialis pembobol toko sudah tiba di Polres Situbondo. Ketiga pelaku ini merupakan spesialis pembobol toko lintas Provinsi. Mereka sudah beraksi 13 kali di Jawa dan luar pulau Jawa.

Di Kabupaten Situbondo, pelaku beraksi di toko Duta Swalayan di Kompleks Pasar Mimbaan dan Toko Sahabat Jaya di Jalan Irian Jaya. Pelaku juga mengaku membobol toko di dua TKP di Kabupaten Probolinggo.

Saat beraksi di Situbondo pelaku menggunakan mobil Toyota Innova. Komplotan pembobol toko itu berjumlah sepuluh orang. Saat ini polisi sudah menetapkan tujuh pelaku lainnya menjadi DPO. Ketiga pelaku masing-masing Paryadi 36, tahun, Sutiyanto, 43 tahun dan Santoso, 37 tahun. Mereka dibekuk polisi di rumahnya masing-masing di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Polisi juga mengamankan mobil Innova berwarna silver Nopol B 1414 SYS, serta sejumlah peralatan yang digunakan membobol toko.

Tim Resmob Polres Situbondo berhasil mengungkap komplotan pembobol toko, karena saat beraksi di toko Sahabat Jaya tanggal 6 April lalu, komplotan ini terekam CCTV. Proses penyelidikan pelaku memang berlangsung lama, karena semua pelaku berasal dari luar Provinsi.

Menurut Kapolres AKBP Awan Hariono, keberhasilan polisi mengungkap komplotan spesialis pembobol toko itu berkat kerjasama semua pihak. Saat ini kata Kapolres, ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif.

Selain itu kata Kapolres, pihaknya fokus mengejar tujuh pelaku lainnya yang masih buron. Berdasarkan pengakuan pelaku, mereka tak hanya beraksi di Jawa melainkan hingga Palangkaraya, Bekasi dan Tanggerang.

Kapolres mengaku, ketiga pelaku bersama komplotannya mengaku gagal beraksi di Jember dan Surabaya. Untuk mengembangkan penyidikan, Kapolres memerintahkan Kasat Reskrim, agar berkoorinasi dengan Polres jajaran di Jawa Timur.