Tips Mengurangi Kantuk Selain Minum Kopi

0
118
Ilustrasi Mengantuk oleh Daga Roszkowska dari Pixabay

Situbondo- Rasa kantuk kadang menerpa disaat – saat yang tidak diinginkan. Seperti dikejar deadline kerja atau ketika sedang berkendara. Kantuk dapat timbul karena tubuh yang kurang istirahat atau kekurangan oksigen, jika disebabkan kurang istirahat maka solusi utama yaitu beristirahat sejenak. Namun khawatir kerjaan tidak selesai sesuai deadline. Ada Beberapa cara untuk mengurangi rasa kantuk yang sedang dirasa yaitu sebagai berikut selain mengkonsumsi kopi.

  • Minum air putih

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik juga dapat mengakibatkan rasa kantuk. Pada kondisi ini tubuh memerlukan cairan untuk menghidrasi dirinya. Kopi bukanlah cairan yang direkomendasikan ketika tubuh sedang membutuhkan cairan. Air putih merupakan cairan yang cocok dalam kondisi ini. 

bhasafm

  • Mengobrol

Apabila ada teman di sekitar Anda, dan Anda tengah merasa kantuk, cobalah untuk mengajaknya mengobrol. Obrolan ringan dapat membantu Anda untuk tetap terjaga. Namun jika tidak ada teman disekitar Anda. Anda dapat mengobrol via bertukar pesan chat, atau menelpon seseorang.

  • Melakukan Peregangan

Peregangan dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa kantuk. Aliran darah menjadi lancar sehingga membantu tubuh memasok oksigen dengan baik. Lakukan peregangan sederhana selama 5 – 10 menit setiap Anda mulai merasa kantuk. 

  • Permen Karet

Mengunyah permen karet membantu Anda untuk meregangkan otot – otot di wajah Anda. aliran oksigen yang baik ke wajah membuat wajah Anda lebih segar dan terjaga untuk beberapa saat.

  • Camilan

Bagi Anda yang sedang tidak dalam program diet. Camilan dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk. Kandungan gula dalam camilan dapat membantu Anda tetap terjaga. Konsumsi secukupnya dan tidak boleh berlebihan.

bhasafm

Sumber:
hallosehat.com

lifestyle.kompas.com

Orami.co.id