Dispendikbud Punya Sistem Aplikasi Dapodik Terpadu

0
ilustrasi

Situbondo-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Situbondo, kini memiliki system aplikasi terpadu Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sistem aplikasi data terpadu ini mencakup segala aspek kependidikan termasuk memonitor kegiatan belajar mengajar.

Melalui system aplikasi informasi terpadu tersebut, akan mempermudah akses informasi kondisi sekolah dan pegawai secara rinci,  seperti kondisi bangunan sekolah rusak, jumlah siswa hingga keberadaan guru dan pengawas saat jam kerja di sekolah.

Menurut Kepala Dispendikbud, Fatkhor Rakhman, system aplikasi Dapodik terpadu akan mempermudah pencapaian target kinerja pendidikan. Data dapodik akan terintegrasi dalam sistem informasi terpadu,  sehingga diharapkan bisa mempercepat pencapaian target kinerja pendidikan,  baik peningkatan mutu Sumber Daya Manusia maupun fasilitas pendidikan.

Fathor Rakhman mengaku, semua data Dispendikbud akan terhubung dengan data instansi lain, misalnya dengan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), untuk integrasi data PNS Dispendikbud. Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), untuk integrasi Data Gaji PNS Dispendikbud. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), untuk integrasi seluruh data pokok pendidikan (dapodik). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), untuk integrasi data kependudukan. Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk integrasi data kesehatan siswa.

Fathor Rakhman menegaskan, adanya data yang valid akan mempermudah membuat kebijakan. Bantuan  pembangunan sekolah misalnya, pasti akan memperioritaskan memberi bantuan bagi gedung sekolah paling buruk.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, mengapresiasi adanya system aplikasi  sistem informasi terpadu Dispendikbud. Menurut Dadang, kehadiran aplikasi ini akan menciptakan efisiensi kecepatan dan kontrol pendidikan yang bagus.

Dadang mengaku, melalui pemanfaatkan teknologi informasi setiap kebijakan akan tepat sasaran. Dadang mencontohkan pemberian bantuan beasiswa unggul, akan dapat tersalurkan kepada siswa yang benar-benar membutuhkan. Sebab semua data terkoneksi dengan dengan instansi lain, sehingga akan lebih mudah terkontrol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.