DPMD Kerjasama Program Unggulan Kawasan Perdesaan

0
BhasaFM
MoU kerjasama Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Foto: Zaini Zain)

Situbondo– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Kabupaten Situbondo, menandatangani kerjasama Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), di Jakarta, beberapa waktu lalu.  Kerjasama ini untuk meningkatkan berbagai potensi pertanian dan kelautan di Situbondo.

Kepala DPMD Suradji menandatangai MoU bersama Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Kerjasama Program Unggulan Kawasan Perdesaan, juga melibatkan pihak ketiga yaitu PT Rajafarm dan PT Aruna Jaya Nusantara. Hanya ada sembilan  Kabupaten di Jawa Timur ikut tandatangan MoU tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan dan Desa, Yogie Kripsian Sah,  kerjasama Program Unggulan Kawasan Perdesaan akan fokus  pada bidang yaitu pertanian  dan perikanan. Di dalam kerjasama juga disebutkan mulai pembiayaan dan produksi.

Yogie menambahkan,  untuk bidang pertanian, meliputi kopi dan mangga, sedangkan bidang perikanan terdari dari pengembangan udang Vannamei dan ikan Kerapu.

Lebih kauh Yogie mengatakan, melalui kerjasama ini akan mempercepat pengembangan potensi perekonomian desa. Menurutnya, dari dua perusahaan yang ikut menandatangi MoU memiliki keahlian masing-masing. PT Rajafarm memiliki keahlian bidang Kopi dan Mangga, sedangkan PT Aruna Jaya Nusantar, memiliki keahlian bidang Ikan Kerapu dan Udang Vannamei.

KOMENTAR ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.