Kementerian PPPA Verifikasi Kelayakan Situbondo Jadi Kabupaten Layak Anak

0
BhasaFM
Verifikasi Kelayakan Situbondo Jadi Kabupaten layak anak (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), melakukan penilaian pencanangan Kabupaten Situbondo menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Meski hasilnya belum final, namun Kementerian memberikan sinyal positif.

Berdasarkan hasil verifikasi di lapangan sejak Senin lalu (2/7), Kementerian PPPA menemukan ketersediaan sarana dan prasarana anak sudah cukup bagus di sejumlah lokasi, termasuk ketersedian sarana bagi penyandang disabilitas.

Menurut Ketua tim Asistensi Kementerian PPPA, Taufik Uwaidha, hasil verifikasi di lapangan masih berupa temuan.  Tim verifikasi masih akan memberikan kesempatan Pemkab Situbondo memenuhi kebutuhan data dan dokumen pendukung.

Taufik menambahkan, berdasarkan hasil temuan di lapangan, Kabupaten Situbondo sudah layak jadi Kabupaten Layak Anak. Penilaian dilakukan di sejumlah Puskesmas maupun di sejumlah lembaga pendidikan PAUD.

Yang istimewa kata Taufik, Pemkab Situbondo memiliki Rumah Pemulihan Gizi (RPG). Keberadaan RPG di Kantor Dinas Kesehatan, akan sangat mendukung menjadi Kabupaten Layak Anak. Sebab tidak banyak daerah lain memiliki program inovatif seperti Rumah Pemulihan Gizi.

Lebih jauh Taufik Uwaidha mengatakan, ada 24 indikator penilaian Kabupaten Layak Anak. Selama dua hari melakukan verifikasi lapangan, Taufik mengaku tak bisa mengunjungi semua lokasi karena terbatasnya waktu.