Panwaslu Situbondo Gelar FGD Pengawasan Partisipatif

0

bhasafm.co.id — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Situbondo, menggelar Forum Group Discution (FGD), bersama  bersama sejumlah elemen masyarakat minggu kemarin. FGD dilakukan untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi mengawasi pelaksanaan Pemilu.

Ada sejumlah elemen ormas mengikuti FGD pengawasan partisipatif, seperti Mulimas NU, Fatayat NU, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, sejumlah LSM, Media massa serta organisasi kemahasiswaan dan Pramuka.

Ketua Panwaslu Situbondo, Murtapik mengatakan, partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pemilu, akan sangat menentukan kualitas pelaksanaan Pemilu. Proses demokrasi lima tahunan tersebut benar-benar berlangsung secara terbuka dan Jurdil.

Pria yang akrab dipanggil Lopa itu menambahkan,  saat ini Panwaslu sudah mulai bekerja melakukan verifikasi factual Partai Politik peserta Pemilu 2019. Setelah itu kata Lopa, masih ada berbagai tahapan lain termasuk verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Oleh karena itu, Lopa mengajak masyarakat pro aktif menyampaikan informasi kepada Panwaslu.

Selain itu Lanjut Lopa, dalam waktu dekat masyarakat Situbondo akan memilih Calon Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang. Masyarakat harus ikut mengawasi berbagai tahapan Pilgub, karena Panwaslu tak akan mungkin bekerja sendirian tanpa keterlibatan masyarakat.