Perayaan 1 muharrom tahun baru islam 1441 hijriyah di masjid jamik ibrahimy sukorejo

0
BhasaFM
Perayaan 1 muharrom tahun baru islam 1441 hijriyah di masjid jamik ibrahimy sukorejo

Situbondo- kemarin, ahad 1 september 2019 . Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo . sedang melaksanakan sebuah acara . yang memperingati . hari tahun baru islam  .  1 muharrom 1441 hijriyah .

Acara ini ditempatkan di masjid jamik ibrahimy pondok sukorejo ini . di mulai pada pukul 08.30 pagi sampai jam 11.30 siang .  diawali dengan acara seremonial pembukaaan . pembacaan ayat-ayat suci alqur’an . dan sholawat nabi . lalu sambutan sambuatan atas nama . perwakilan pengurus pesantren . yang di sampaikan oleh wakil pengasuh bidang ilmiyah ponpes sukorejo . yaitu K.H. Afifuddin Muhajir .

Dipertengahan acara ini . juga diisi dengan pembagian hadiah juara 1 – 2 – 3 . dan juara harapan 1 – 2 – 3 . lomba pawai bersholawat malam 1 muharrom . yang jatuh pada tanggal . 31 Agustus 2019 malam 1 September .

Pengasuh pesantren sukorejo . K.H.R. Achmad aza’im Ibrahimy  menuturkan . bahwa dalam kesempatan tahun baru Islam .  1441 hijriyah ini . seluruh santri agar belajar berhijrah . dari santri yang belum baik . menjadi santri yang baik . dari santri yang sudah baik  . menjadi santri yang lebih baik lagi . dengan tanpa melanggar aturan –aturan yang telah di tetapkan . oleh pondok pesantren .

Sementara itu . K.H. jaiz Badri masduki . penceramah asal situbondo itu menyampaikan dalam ceramahnya . diantaranya yaitu . semuanya dari segala sesuatu perbuatan . yang diniatkan dengan baik . maka akan menjadi baik pula . berbeda dengan sesuatu perbuatan yang tidak diniati  .  bisa jadi akan menjadi baik atau tidak baik . karna adanya peluang setan  . untuk bisa mempengaruhi orang itu . untuk tidak berbuat baik .

Pesan KH. Jaiz Badri berikutnya . kalo kita dihadapan para guru para kyai . jagalah lisan agar berbicara yang bermanfaat saja . untuk menjaga etika berguru . klo kita berada dihadapan para auliya’ . jagalah hati agar tetap khusnudzon . agar barokah para auliya’ dapat kita raih . Dan terakhir . sebagai penutup dari acara perayaan muharrom 1441 hijriyah . K.H. Muzakki Ridlwan . yang merupakan wakil pengasuh bidang amaliyah pesantren . memimpin dalam pembacaan do’a .