Sensus Kependudukan Dilakukan Secara Online dan Offline

0
BhasaFM
Rakor BPJS dan Pemkab jelang pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Badan Pusat Statistik  (BPS) akan segera melakukan sensus penduduk.  Sensus dilakukan dua tahapan yaitu secara online dan offline. Sensus online  akan dimulai 15 Pebruari hingga 31 Maret.

Menurut Kepala BPS Situbondo, Prayoga Setyo Widodo, pihaknya menggandeng Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk melakukan sensus penduduk. BPS akan melakukan registrasi sebagai dasar penggunaan sensus penduduk secara online.

Ditemui usai Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020, di aula Pemkab Situbondo, Prayoga mengaku baru kali ini BPS menggunakan sensus dengan metode kombinasi, yaitu menggunakan data kependudukan dasar yang diperoleh dari Dispendukcapil.

BACA JUGA :  Tri Suaka Sangat Berharap Sang Kekasihnya Menyadari Akan Kehadirannya

Prayoga menjelaskan, untuk sensus penduduk secara online dimulai digelar 15 Februari – 31 Maret 2020 mendatang. Bagi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk secara online,bisa mengikuti sensus melalui wawancara petugas sensus yang dilakukan door to door sejak  tangal 1 hingga 31 Juli mendatang.

Sementara itu, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, Pemkab mendukung  penuh dan akan memfasilitasi  BPS, agar sensus yang dilakukan mendapatkan hasil terbaik.

Dadang mengaku, BPS melakukan sensus penduduk setiap 10 tahun sekali. Sukses tidaknya pelaksanaan sensus, tentu tidak lepas dari kerjasama semua pihak dan pemangku kepentingan.