Wabup Situbondo Kerahkan 1000 Orang Bersihkan Sampah di Pantai Panarukan

0
265
BhasaFM
Bersih-bersih sampah dalam kegiatan bakti sosial Hari Peduli Sampah Nasional (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Tumpukan sampah yang berserakan di kawasan pesisir pantai Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, menjadi sasaran kegiatan bakti sosial Hari Peduli Sampah Nasional.

Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi, mengerahkan 1000 orang membersihkan tumpukan sampah. Bersih-bersih sampah ini melibatkan Organisasi Perangkat Daerah, Polres Situbondo, Kodim 0823, LPM Merak serta masyarakat Desa Kilensari.
BhasaFM
deklarasi bebas sampah pelastik (foto: Zaini Zain)

Bakti sosial gerakan peduli sampah juga dibuka dengan Deklarasi bersama, untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah pelastik tahun 2020. Empat poin deklrasi dibacakan Dandim 0823, Letkol Infantri Akhmad Juni Toa.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Melantik Pejabat Eselon II Peserta Lelang Jabatan

Sementara itu, Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, mengatakan, kegiatan peduli sampah ini dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar mempedulikan kebersihan lingkungan.

Yoyok menambahkan, dalam deklarasi sudah disebutkan untuk mengelola sampah melalui sistem 3R yaitu  reuse, reduce dan recyle. Masyarakat diminta tidak membuang sampah sembarangan, karena bisa berdampak pencemaran terhadap lingkungan.

Yoyok menambahkan, pihaknya memilih kawasan pesisir pantai Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan melakukan gerakan peduli sampah, karena lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata kampung blekok.