Wakil Ketua Komisi I DPRD Situbondo Sambut Baik Rencana Bung Karna Percepat Desa Mandiri

0
94
bhasafm
Wakil Ketua Komisi I DPRD Situbondo, Janur Sastra Ananda ( foto : Zaini Zain )

Situbondo-Keinginan Bupati Karna Suswandi mendorong percepatan desa mandiri mendapat tanggapan positif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna dinilai akan mengubah iklim komunikasi antara Pemkab dan Pemerintah Desa melalui penghargaan dan sanksi.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Situbondo, Janur Sasra Ananda, mengatakan, langkah Bung Karna sangat tepat dengan memasukan desa mandiri ke dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

“Bupati juga mengubah pola komunikasi dengan system reward and panishmen. Ini sangat bagus agar penggunaan dana desa benar-benar jadi atensi dan semua Kepala Desa akan berlomba-lomba mendapatkan insentif,” terangnya.

BACA JUGA :  Santri Ponpes Nurul Hikam Sudah Divaksin

Janur menambahkan, selain menyiapkan insentif penghargaan, Bupati juga menyiapkan Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD). Dengan bantuan keuangan khusus tersebut akan mendorong target percepatan desa mandiri.

“Keingingan Bupati ada enam desa mandiri selama lima tahun kedepan akan tercapai sebagaimana tertuang di dalam RPJMD,” terang pria yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo.

Reporter : Zaini Zain