Warga Beramai-Ramai Berburu Ikan di Sepanjang Sungai Sampean Baru

0
30
bhasafm
Warga beramai-ramai berburu ikan di aliran sungai sampen baru karena bendungan sedang dilakukan pengasatan (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sepanjang aliran sungai sampean baru dipadati warga. Mereka tidak sedang memancing ikan, melainkan berburu menangkap ikan menggunakan jala. Warga berjejer di sungai dengan membawa peralatan jala sejenis jaring kecil untuk menangkap ikan yang hanyut di sungai.

Kegiatan warga beramai-ramai berburu ikan ke sungai, karena bendungan sampean baru melakukan pengasatan air. Tak terlalu sulit mendapatkan ikan saat bendungan melakukan pengasatan. Hanya berbekal jaring jala warga sudah bisa mendapatkan berbagai jenis ikan.

Menurut Sutikno, salah seorang warga Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, hanya butuh waktu dua jam dirinya sudah mendapatkan 10 kilogram ikan, mulai ikan nila, ikan mujair dan ikan lele.

BACA JUGA :  Apresiasi Bungatan Fishing Tourism, Bupati Situbondo Dukung Ada Event Mancing Mania Nusantara

“Ini sudah semacam tradisi. Kalau bendungan melakukan pengasatan air, warga pun bersiap-siap di sungai untuk berburu ikan,” katanya, Rabu, 17 November 2021.

Sutikno menambahkan, tak hanya warga di bantaran sungai saja yang datang berburu ikan. Ada banyak warga dari desa lain ikut berburu ikan di sepanjang aliran sungai sampean baru mulai anak-anak hingga orang dewasa.

“Kalau saya untuk dimakan sendiri. Dengan hasil tangkapan ikan 10 kilogram ini cukup untuk dimakan dua hari,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain