Warga Merak Sambut Suka Cita Pembangunan Akses Jalan

0
115
bhasafm
Kepala desa Sumberwaru, Imam Anshori (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Penantian panjang warga Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih akhirnya terjawab. Warga  menyambut suka cita penandatangan perjanjian kerjasama Taman Nasional Baluran dan Pemkab Situbondo untuk membuka akses jalan ke tempat mereka tinggal.

Kepala Desa Sumberwaru, Imam Anshori, mengaku sangat terharu adanya pembangunan akses jalan ke Dusun Merak. Selama ini ratusan Kepala Keluarga di Dusun Merak seperti terisolir dan belum mendapat pelayanan maksimal.

“Warga kami menyambut suka cita kabar ini. Atas nama warga Merak kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati dan Wakil Bupati yang telah berjuang untuk warga Merak,” ujarnya, Kamis, 2 September 2021.

Imam Anshori menambahkan, pembangunan akses jalan ini sangat didambakan warga sejak lama, namun baru di era kepemimpinan Bung Karna bisa terwujud. Sejauh ini, Bung Karna sangat gigih memperjuangkan nasib warga Dusun Merak yang selama seperti termajinalkan.

Menurut Imam Anshori, dengan adanya akses jalan ini akan membangkitkan roda perekonomian warga Merak, mengingat Dusun Merak menyimpan potensi pertanian dan peternakan. Selain itu, Dusun Merak menyimpan potensi wisata alam yang sangat luar biasa.

BACA JUGA :  Arilda Putri Kini Bawakan Lagu Tahun 90an Berjudul Bego-begoan

“Di Dusun Merak pertaniannya subur dan populasi peternakannya sangat banyak. Saat ini ada sekitar 6000 ternak sapi di dusun Merak,” terangnya.

Lebih jauh Imam Anshori mengatakan bahwa dengan adanya akses jalan akan memudahkan askes pelayanan dasar seperti Kesehatan dan Pendidikan bagi warga. Saat musim hujan warga merak yang sedang sakit maupun yang akan melahirkan harus naik perhu untuk pergi berobat .

“Iya karena  tidak adanya akses jalan. Kalau musim kemarau masih bisa naik motor melewati jalan setapak melewati hutan Baluran. Kalu ada yang mau melahirkan ya harus naik perahu. Makanya sekarang kami menyiapkan perahu ambulance,” ujarnya.

Imam Anshori berharap pembangunan akses jalan tersebut akan cepat selesai, agar warga Dusun Merak bisa menikmati pembangunan yang selama ini mereka dambakan. Dengan adanya akses jalan akan menyusul pembangunan fasilitas pelayanan dasar kepada warga Merak.

“Ini benar-benar kejutan. Akses jalan yang selama ini didambakan benar-benar diwujudkan Bung Karna. Sangat luar biasa,” tuturnya dengan nada bersemangat.

Reporter: Zaini Zain