Waspada Penyakit Pink Eye Pada Hewan Kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo Lakukan Pemeriksaan

0
97
Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo sedang melakukan pemeriksaan hewan ternak

Situbondo, bhasafm.co.id- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, menemukan penyakit pink eye pada hewan ternak domba dan kambing.

Penyakit tersebut ditemukan saat petugas Disnakkan melakukan pemeriksaan hewan ternak untuk memastikan kesehatan hewan kurban di beberapa kandang ternak yang memang memperjualbelikan ternak kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Disnakkan Situbondo, Sulistiyani mengatakan, saat ini ada beberapa jenis penyakit berbahaya yang menjangkit hewan ternak yang perlu diwaspadai yakni penyakit mulut dan kuku.

BACA JUGA :  Viral Macan Tutul Terlihat di Taman Nasional Baluran Situbondo

Namun di Situbondo, penyakit tersebut belum ditemukan. Petugas hanya menemukan penyakit pink eye dan langsung mengobatinya. Butuh waktu sekitar tiga hari untuk menyembuhkan pink eye pada kambing atau domba.

Kata Sulistyani, pink eye memang tidak berbahaya namun mengganggu pertumbuhan hewan ternak merasa terganggu dan tidak nyaman sehingga akan memengaruhi tumbuh kembang hewan ternak.

Petugas dari Disnakkan juga  menyemprotkan cairan disinfektan untuk kebersihan kandang, agar virus dan bakteri berbahaya tidak menyerang hewan ternak.