Waspada, Penyebaran Covid di Situbondo Kian Menggila

0
312
Bhasafm
STERILISASI: Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruangan di Kantor Pemkab Situbondo untuk mencegah penularan Covid-19 (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Penyebaran Covid-19 di Situbondo kian menggila. Saat ini tercatat ada tambahan 32 pasien baru  terkonfirmasi Covid-19. Tambahan pasien baru kali ini menjadi yang tertinggi selama beberapa pekan terakhir ini. Selain itu, ada tambahan tiga orang pasien Covid meninggal dunia.  Jumlah total pasien Covid meninggal mencapai 86 orang.

Untuk 32 pasien baru tersebar di tujuh Kecamatan, rinciannya Kecamatan Panarukan sebanyak delapan orang. Panji tujuh orang, Besuki enam orang, Situbondo lima orang. Kapongan empat orang, Asembagus tiga orang serta Jatibanteng ada tambahan satu orang pasien baru.

Menurut juru Bicara Satgas Covid-19, Dadang Aries Bintoro, saat ini jumlah total pasien Covid mencapai 981 orang. Ada 111 orang pasien Covid sedang dalam perawatan, terdiri dari 32 pasien di rawat di rumah sakit, 10 pasien isolasi di gedung observasi pasir putih, serta 69 pasien isolasi mandiri. 

BACA JUGA :  KUA PPAS Perubahan APBD 2021 Disahkan, Pemkab Anggarkan Belanja Daerah Rp. 2 Triliun 102 Miliar

“Ada juga tambahan 17 pasien sembuh. Jadi total pasien sembuh menjadi 784 orang,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satgas Covid-19 mewaspadai penularan pasien Covid klaster Pilkada, klaster perkantoran dan klaster rumah tangga. Warga diingatkan untuk mematuhi ptotokol kesehatan.

Selain itu, Satgas juga meminta Camat dan Puskesmas memantau pasien isolasi mandiri. Kalau selama isolasi tidak tertib harus dikirim ke pusat karantina di gedung observasi pasir putih.        

“Kami mengimbau masyarakat selalu cuci tangan, hindari kerumunan melalui jaga jarak serta pakai masker,” ujar Ketua Satgas Covid Syaifullah.