Wisatawan Pantai Dubibir Dimanja Jogging Track Hutan Mangrove Seluas 30 Hektar

0
145
Wisata Alam: Pengungjung harus jogging track melewati hutan mangrove menjuju lokasi pantai ( foto: Zaini Zain )
Wisata Alam: Pengungjung harus jogging track melewati hutan mangrove menjuju lokasi pantai ( foto: Zaini Zain )

Situbondo- Kabupaten Situbondo menyimpan banyak potensi wisata alam, salah satunya pantai Dubibir di Dusun Pesisir, Desa Ketah, Kecamatan Suboh. Selain menawarkan panorama pantai, pantai dubibir juga dihiasi hamparan hutan mangrove.

Pengunjung yang ingin menuju pantai, harus melewati jembatan di tengah lebatnya 30 hektar hutan mangrove. Selain itu, pengunjung akan dimanja hamparan pasir sepanjang 1 kilo meter dihiasi pohon cemara udang. Pemandangan terindah di sore hari, karena pengunjung bisa menyaksikan sunset.

Menurut Ketua Pokdarwis Desa Ketah, Ahmad Afandi Dahlan, pantai Dubibir mulai diperkenalkan menjadi objek wisata sejak 2018. Pantai Dubibir dikelola Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis).

BACA JUGA :  Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok Akan Terima Bantuan Rp 900 Ribu

“Sebelum sampai ke pantai pengunjung bisa berswa foto saat melewati jogging track sepanjang 200 meter di tengah hutan mangrove,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Alan itu menambahkan, Pokdarwis merintis pantai Dubibir sejak 2016, namun baru resmi diluncurkan menjadi objek wisata 2018. Sejak saat itu, pengunjung terus berdatangan dari dalam maupun luar kota, untuk menikmati hutan mangrove dan panorama pantai.

“Selama masa pandemi pengelola wisata menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Reporter: Zaini Zain