KPU Situbondo Hitung Hasil Perolehan Suara Pilkada Situbondo 17 Desember

0
214
Bhasafm
Sirekap: Baru sekitar 39 persen suara yang masuk tabulasi sirekap KPU (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo akan melakukan rekapitulasi suara secara manual 17 Desember mendatang. Untuk sementara masyarakat yang ingin mengetahui hasil real count Pilkada 9 Desember 2020, bisa mengakses melalui tabulasi sirekap di situs KPU.

Menurut Ketua KPU Situbondo, Marwoto, penghitungan manual hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati akan dimulai 12 Desember di tingkat Kecamatan. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan penghitungan tingkat Kabupaten 17 Desember mendatang.

“Iya benar mas sudah kita putuskan penghitungan di tingkat Kabupaten 17 mendatang,” katanya, 10 Desember 2020.

Marwoto menambahkan, untuk tabulasi sirekap memang agak lamban, mengingat upload rekapitulasi tersentral di KPU RI, ada 270-an yang melangsungkan Pilkada 9 Desember lalu dan semuanya berebut mengupload hasil rekapitulasi suara.

Marwoto menjelaskan, hasil rekapitulasi yang diunggah KPU ke website merupakan hasil penghitungan resmi di TPS. KPU Situbondo mengerahkan tiga orang operasi mengupload hasil  perolehan suara selama 24 jam.

“Kami terus-terusan kerja lembur. Jadi mohon maaf kalau masyarakat tidak bisa cepat mengetahui hasilnya karena memang antri masuk ke sirekap,” terangnya.

BACA JUGA :  Sekitar 1.500 Hektar Lahan di Situbondo Siap Ditanami Umbi Porang

Marwoto  mengatakan, bahwa hasil sirekap di situs KPU itu merupakan hasil resmi yang sifatnya untuk publikasi. Kalau sampai 17 Desember tak semua hasil rekapitulasi 1.305 TPS terupload, maka masyarakat menggunakan hasil penghitungan manual.

“Kami tahu masyakat ingin cepat tahu hasil penghitungan suara KPU melalui sirekap di website. Harap bersabar menunggu karena kami masih terus bekerja,” ujarnya.

Sementara itu, hasil penghitungan suara di TPS yang sudah terupload di tabulasi sirekap KPU hingga pukul 22.33 sebanyak 518 TPS dari 1.305 TPS atau 39,69 persen. Hasilnya, pasangan Karunia masih tetap memimpin perolehan suara sebanyak 82.185 atau 54,1 persen. Sedangkan peroleh suara pasangan Mulya-Abadi memperoleh 69.615 atau 45,9 persen.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pasangan Karunia unggul perolehan suara berdasarkan hasil hitung cepat media center di kantor DPC PPP Situbondo. Berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan Karunia memperoleh 200.926 suara atau 53,17 persen. Sedangkan pasangan Mulya-Abadi memperoleh 177.003 atau 46,83 persen.