25 C
Situbondo
Sabtu, Oktober 1, 2022

Ada Delapan Orang Mendaftar, Bakal Calon Kades di Dua Desa Dilakukan Tes Tulis

Situbondo- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Situbondo mencatat ada dua desa yang akan melangsung pemilihan kepala desa 6 Oktober mendatang, memiliki pendaftar bakal  calon kades terbanyak.

Dua desa itu adalah Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan dan Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, masing-masing ada 8 orang mendaftar menjadi bakal calon kepala desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, mengatakan, sesuai ketentuan bahwa maksimal bakal calon kepala desa sebanyak lima orang.  Bagi desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang maka harus dilakukan penjaringan melalui tes tulis.

“Desa Kilensari  dan Selomukti masing-masing ada 8 orang pendaftar. Tes tulis untuk menjaring dari 8 menjadi 5 bakal calon. Itu artinya akan ada 3 bakal calon dari dua desa itu dipastikan akan gugur,” terangnya.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Pimpin Rakor Persiapan Pengiriman Logistik Pilkades

Menurut Lutfi, untuk menjaga netralitas dan transparansi, maka tes tulis bagi bakal calon kades di dua tersebut akan menunjuk pihak ketiga. Meski tidak disampaikan siapa pihak ketiga yang akan mengetes bakal calon kades tersebut, namun dari pengalaman sebelumnya, DPMD biasanya melibatkan perguruan tinggi ternama di luar daerah.

“Kami akan menunjuk pihak ketiga untuk melakukan tes tulis tersebut. Ini untuk menjaga transparansi. Jadi, melalui tes tulis ini  akan dipilih hasil nilai tertinggi untuk lima orang,” terangnya.

BACA JUGA :  Jadi Pelabuhan Bertaraf Nasional, Komisi III DPRD Situbondo Nilai Pelabuhan Jangkar Potensi PAD

Perlu diketahui, Pemilihan Kepala serentak di 17 desa se Situbondo akan berlangsung  6 Oktober mendatang. Sesuai tahapan Pilkades, maka setelah dilakukan penetapan calon kepala desa, akan ada kampanye para calon selama tiga hari terhitung sejak 21 sampai 23 September 2022.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,508PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles