Berkunjung ke Situbondo, Wamenkumham RI Sebut Rutan Situbondo Sudah Over Kapasitas

0
96
bhasafm
Wamenkumham RI saat berkunjung ke Rutan kelas IIB Situbondo (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Eddy Omar Sharif Hiariej, meninjau Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB di Situbondo, Kamis kemarin. Ia melihat satu persatu blok yang dihuni tahanan maupun warga binaan.

Menurut Eddy Omar Sharif Hiariej, Rutan Situbondo sudah over kapasitas. Rutan yang harusnya dihuni 200 orang, namun faktanya sudah ditempati 280 orang.

“Tujuan kami datang kesini untuk melihat kondisi rutan. Hampir semua rutan dan lapas yang kami kunjungi sudah over kapasitas, ini menjadi tugas kita bersama untuk memperbaikinya,” katanya kepada wartawan, Kamis,  21 April 2022.

Eddy Omar Sharif menambahkan, hampir semua rutan dan lapas yang dikunjunginya over kapasitas atau melebihi daya tampung. Seharusnya rutan dihuni oleh tahanan yang masih proses masa tahanan. Namun di rutan Situbondo sekitar 70 persen dihuni warga binaan yang sudah dalam proses menjalani masa hukuman.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

“Hal semacam ini harus mendapat perhatian. Kita akan berusaha semaksimal mungkin memperbaiki lapas dan rutan di tengah keterbatasan anggaran,” terangnya.

Sementara itu, kunjungan Wamenkumham RI ke Rutan Situbondo ditemani Plt Kakanwil Jawa Timur, Wisnu Nugroho Dewanto. Rombongan Wamenkumham disambut Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Tomi Elyus, Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya dan Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina.

Selain meninjau blok rutan, Wamenkumham juga meninjau sejumlah ruangan di Rutan Situbondo, seperti  bengkel kerja, blok khusus wanita, Poli klinik dan Dapur.

Reporter: Zaini Zain