Kelebihan Muatan Perahu Nelayan Panarukan Tenggelam di Perairan Selat Madura

0
122
bhasafm
Suana di pelelangan ikan panarukan usai evakuasi 12 nelayan yang perhunya tenggelam di perairan selat Madura, Selasa, 6 April 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Perahu nelayan asal Panarukan tenggelam di perairan selat Madura,  Selasa pagi. Perahu yang membawa 12 nelayan tersebut tenggelam usai menangkap ikan karena kelebihan muatan.

Sebanyak 12 nelayan perahu selerek itu berhasil diselamatkan. Mereka ditolong perahu nelayan lain yang kebetulan menangkap ikan tak jauh dari  lokasi perahu tenggelam. Belasan nelayan sudah dievakuasi ke Tempat Pelelangan Ikan Panarukan sekitar pukul 5 pagi kemarin.

“Kami sudah selesai menangkap ikan dan perahu tenggelam saat  perjalanan pulang ke Panarukan, ” kata nahkoda perahu, Juri, Selasa, 6 April 2021.

BACA JUGA :  Cerita KH.Muhammad Nasrullah, Warga Tionghoa Yang Diislamkan Kiai As’ad

Perahu selerek bernama “Tunggal” berangkat melaut sekitar Senin sore. Mereka menangkap ikan di perairan selat Madura. Petaka terjadi saat dalam perjalanan pulang. Perahu tiba-tiba miring karena kelebihan muatan tangkapan ikan. Perahu mulai kemasukan air dari bagian belakang mesin kemudian tenggelam.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, perahu yang karam tak bisa diselamatkan. Sedangkan 12 nelayan yang semuanya berasal dari Desa Kilensari Panarukan berhasil diselamatkan.

“Kebetulan ada perahu bernama “Soneta” juga melaut di lokasi berjarak sekitar 50 meter dari perahu yang tenggelam. Melihat kejadian itu mereka langsung menolongnya,” ujarnya

Reporter: Zaini Zain