Masak Pakai Tungku, Rumah Warga Kalimas Nyaris Terbakar

0
102
bhasafm
KEBAKARAN-PetugaS PMK bersama warga memadamkan api yang menghanguskan sebagian dapur rumah warga di Desa Klimas, Kecamatan Besuki, Selasa, 6 April 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Hati-hati kalau memasak menggunakan tungku, sebab kalau api di dalam tungku masih hidup bisa fatal akibatnya. Seperti yang menimpa rumah Ahmad, warga Dusun Bataan Rt 003 Rw 003, Desa Kalimas Kecamatan Besuki.

Rumah pria berusia 50 tahun itu nyaris terbakar, karena api bersumber dari sisa api di dalam tungku. Beruntung, warga yang melihat kejadian dengan sigap bergotong royong memadamkan api yang sudah membesar. Satu unit mobil pemadam kebakaran juga ikut diterjunkan ke lokasi.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan, saat itu keluarga Ahmad sedang memasak kerupuk menggunakan tungku. Mereka tak menyangka kalau sisa api di dalam tungku akan membakar benda di sekitarnya.

BACA JUGA :  465 Orang Terserang Demam Berdarah, Empat Pasien Meninggal

“Jadi sumber apinya berasal dari sisa api di dalam tungku itu kemudian membakar benda di sekitarnya dan merembet ke dapur rumah,” ujar, Selasa, 6 April 2021.

Beruntung kata Puriyono, api dengan cepat dipadamkan dan hanya menghanguskan bagian belakang dapur. Api juga menghanguskan beberapa perabotan yang ada di dapur rumah.

“Sekitar 30 menit kemudian api bisa dipadamkan oleh warga dan petugas PMK yang datang ke lokasi,” terangnya

Reporter: Zaini Zain