Kepergok Tak Pakai Masker Langsung Diberi Sanksi Push Up dan Baca Sholawat

0
103
bhasafm
Operasi- Satgas pengawasan PPKM sedang melakukan operasi prokes (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kesadaran masyarakat disiplin protokol kesehatan masih sangat rendah. Buktinya, Polisi masih menemukan warga tak pakai masker dan berkerumun saat melakukan patrol, minggu malam  kemarin.

Warga kedapatan tak mematuhi prokes langsung diberi teguran dan sanksi. Untuk memberikan efek jera, mereka kemudian diberi sanksi sosial berupa push up dan baca sholawat.

Kanit Turjawali Satlantas, Iptu Teguh Santoso,  yang memimpin operasi mengaku masih menemukan banyak warga tak patuh prokes yaitu tak pakai masker dan berkerumun. Pelanggaran prokes terbanyak ditemukan di  warung kopi serta kedai lesehan.

“Bagi yang melanggar kami lakukan edukasi sekaligus kami sanksi dan  diberi bantuan masker,” ujarnya

BACA JUGA :  Wakil Gubernur Jatim dan Bupati Situbondo Menghadiri Acara Bincang Santai di Kantor PCNU Situbondo

Teguh menambahkan, saat ini penyebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo sudah terkendali. Semua Kecamatan sudah zona kuning. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau tetap disiplin prokes untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

“Kita sudah zona kuning masyarakat jangan abai. Ayo tetap jaga prokes agar penyebaran Covid-19 bisa terus dikendalikan,” terangnya

Menurutnya, Satgas pengawasan PPKM akan terus melakukan operasi penegakan prokes, mengingat ancaman penyebaran Covid masih sangat mungkin terjadi, kalau masyarakat abai dengan prokes.

“Kalau operasi minggu malam kemarin di sejumlah tempat kawasan kota. Operasi akan terus dilakukan ke sejumlah lokasi tempat biasanya orang berkumpul,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain