KONI Mulai Seleksi Parameter Fisik Atlet Porprov

0
69
bhasafm
Seleksi-ratusan atlet sedang mengikuti tes parameter fisik (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komite Olahraga Nasional  Indonesia (KONI) Situbondo, mulai bersiap menyambut pekan olahraga Provinsi (Porprov), melalui seleksi tes parameter fisik altet. Ada ratusan atlet mengikuti seleksi untuk masuk pusat latihan kabupaten (puslatkab).

Tes parameter fisik bagi ratusan atlet dari 30 cabang olahraga merupakan tahap seleksi awal. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi dan pengelompokan hasil tes.

Ketua panitia seleksi atlet Harizki Firman Tadiansyah mengatakan, bahwa tes parameter fisik dilakukan terhadap atlet yang diproyeksikan berlaga pada ajang Porprov Jatim tahun depan. Seleksi fisik ini sangat diperlukan untuk memilih atlet yang memiliki potensi juara.

“Tes parameter fisik atlet merupakan tahap awal yang harus dilalui para atlet untuk melihat kemampuan fisik serta hasil latihan yang sudah dicapai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Situbondo, Sadi mengaku bahwa tes parameter fisik berlangsung selama tiga hari. Ada 17 item untuk melihat kondisi fisik atlet/ mengingat selama pandemi Covid-19, porsi latihan atlet agak sedikit terkendala.

BACA JUGA :  Sulit Cari Kerja di Masa Pandemi, Pemuda Desa Pilih Budidaya Kura-Kura

“Ada 17 item penilaian tes parameter fisik atlet, antara lain indeks masa tubuh, antropometri, vertical jump, push up, sit up, power tungkai, sprint (30m), multistage fitness test, dan pemulihan,” ujarnya.

Sadi menambahkan,  KONI tak hanya mempersiapkan atlet yang akan berlaga pada kejuaraan Porprov Jatim 2021 mendatang. Koni juga mempersiapkan venue mengingat Kabupaten merupakan salah satu tuan rumah.

Ada 12 cabang olahraga akan dipertandingkan di Situbondo, diantaranya voli pantai, selam OBA, selam fin swimming, anggar, panjat tebing, bina raga dan sepak bola.

“Dengan mempersiapkan atlet dengan baik mudah-mudahan hasilnya sesuai target,” terangnya

Reporter: Zaini Zain, Melaporkan Untuk Buana Pagi.