29.5 C
Situbondo
Rabu, Oktober 5, 2022

LPEI Bersama BNI Dorong Pelaku UMKM Jatim Merambah Pasar Global

Situbondo- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), kembali mengambil langkah terobosan dengan menggandeng lembaga jasa keuangan yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). LPEI bersama BNI mendorong pelaku UMKM merambah pasar global.

Kali ini, sasaran pailot project LPEI adalah pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur. Bersama BNI, LPEI melatih 100 pelaku UMKM melalui program pelatihan dan pendampingan ekspor atau Coaching Program for New Eksporter (CPNE).

“Pelatihan dan pendampingan sudah kami gelar sejak 23 hingga 25 Agustus 2022 di gedung BNI Surabaya. Ini bentuk kerjasama kolaborasi kami untuk memberdayakan UMKM di Jatim,” kata  Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso, melalui rilis tertulisnya, Rabu, 31 Agustus 2022.

Sebanyak 100 peserta pelatihan terdiri dari pengusaha sektor industri makanan dan minuman, kerajinan, furnitur hingga garmen. Mereka dilatih berbagai pengetahuan seputar digital marketing, korespondensi dengan buyer luar negeri, hingga kiat menggali nilai tambah produknya.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

Menurut Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso, bahwa program CPNE sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mendorong UMKM naik kelas yaitu UMKM mendunia. Selain itu, LPEI juga membantu penyaluran pembiayaan, penjaminan, asuransi ekspor hingga jasa konsultasi.

“Pelatihan CPNE diluncurkan untuk merespon kebutuhan para pelaku UMKM saat ini yaitu menembus pasar global, namun mereka selama ini terkendala akses informasi maupun pelatihan. Oleh karena itu CPNE hadir untuk menciptakan eksportir baru dan bankable,” tuturnya.

BACA JUGA :  Polres latih Linmas Jelang Pelaksanaan Pilkades Serentak

Sementara itu, Wakil Pimpinan BNI Wilayah 06, Hery Prianto mengaku sangat mengapresiasi program CPNE. LPEI dan BNI bersinergi untuk mendukung pemerintah mendorong peningkatan ekspor nasional.

“Sinergi ini merupakan komitmen kami mendukung pemerintah. Dalam hal ini kami menggandeng LPEI agar UMKM di Jatim ditingkatkan kapasitasnya,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,514PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles