Pelabuhan Jangkar Ramai Aktivitas Arus Balik Idul Fitri Mulai Terpantau Sejak H+2 Lebaran

0
87
bhasafm
Komisi III DPRD Situbondo melakukan sidak ke pelabuhan Jangkar yang diproyeksikan jadi pelabuhan bertaraf nasional (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo, bhasafm.co.id- Arus balik pada H+2 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, mulai terpantau ramai pada Selasa, 25 April 2023 malam.

Selamat Idul Fitri 1444 H 2023 M – Sekretaris Daerah Situbondo

Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja Jangkar,  Situbondo, Tri Wahyono mengatakan, warga Pulau Raas Kabupaten Sumenep, Madura, sudah mulai kembali bekerja ke Pulau Bali setelah merayakan Lebaran di kampung halaman.

Tri Wahyono merinci, malam ini, KMP Dharma Kartika dari Pulau Raas Madura ke Pelabuhan Jangkar mengangkut sebanyak 394 orang penumpang. Dari sebanyak 394 penumpang dari Pulau Raas, Madura itu 231 penumpang laki-laki dan 163 penumpang perempuan.

Kata Tri Wahyono, arus balik sudah terlihat sejak kemarin, dan hari ini terpantau lebih ramai dari kemarin, yang hanya mengangkut sekitar 200 penumpang dari Pelabuhan Raas menuju Jangkar.

BACA JUGA :  Rumah Kebobolan Pencuri, Puluhan Gram Emas Hilang Digondol

Diperkirakan, arus balik akan berlangsung hingga 30 April 2023. Karena rata-rata warga kepulauan Madura ini akan menikmati Hari Raya Idul Fitri, hingga tujuh hari atau yang dikenal dengan Hari Raya Ketupat.

Catatan otoritas Pelabuhan Jangkar, selama arus mudik sejak H-15 Lebaran, tercatat sekitar 9.000 orang warga Pulau Raas yang menyeberang melalui Pelabuhan Jangkar.

Hingga saat ini, mayoritas pelabuhan penyeberangan Situbondo-Madura belum menambah trip pelayaran kapal feri karena belum terjadi lonjakan signifikan pada arus balik.