Sandiaga Uno Dukung Pengembangan Wisata Merak-Baluran dan Wisata Religi Sukorejo

0
44
bhasafm
Ngobrol virtual bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendukung rencana Pemkab Situbondo mengembangkan wisata Merak-Taman Nasional Baluran dan wisata religi di Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo.

Pernyataan Sandiaga Uno disampaikan saat acara ngobrol bareng  Kang Menteri yang digagas Dinas Pariwisata Pemkab Situbondo bersama pelaku ekonomi kreatif dan Bupati Situbondo, Karna Suswandi,  melalui virtual Zoom meeting, Jum’at, 7  Mei 2021.

Menurut Sandiaga Uno, potensi pariwisata dan ekonomi kreatif  harus bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19. Meski begitu, penerapan aturan protokol kesehatan harus disiplin dan ketat di lokasi wisata.

“Mari kita dorong pemulihan ekonomi nasional melalui pariwisata dan ekonomi kretiaf karena kita punya potensi yang luar biasa,” katanya.

Sandiaga mengaku sangat terpesona melihat pesona wisata Merak-Baluran. Dalam waktu dekat, dirinya berencana berkunjung ke Situbondo untuk meluncurkan bantuah hibah pariwisata.

“Kementerian kami ada DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk pengembangan pariwisata. Saya berencana berkunjung ke Situbondo untuk meluncurkan bantuan hibah pariwisata,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Sandiaga Uno juga juga menginginkan pelaku ekonomi kreatif di Situbondo bisa masuk program nasional “Gerakan Bangga Indonesia”. Kementerian menyiapkan anggaran pembiayaan untuk membantu pelaku ekonomi kreatif agar bisa berdaya saing.  Sebab kalau perekonomian sudah pulih maka otomatis akan membuka lapangan pekerjaan.

BACA JUGA :  Baru Pulang Dari Malaysia Tiga Orang Pekerja asal Situbondo Positif Covid-19

“Kami ada juga program pengelolaan sampah plastik untuk sertifikasi kesehatan, keselamatan dan kebersihan lingkungan. Program ini sangat cocok untuk menjaga kesinambungan wisata bahari di Situbondo,” terangnya.

Lebih jauh Sandiaga Uno mengatakan, dirinya juga mendukung rencana Pemkab Situbondo membuka wisata religi di Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo.  Menurutnya, pembukaan destinasi wisata harus selalu bersamaan dengan pengembangan ekonomi kreatif seperti kuliner dan kerajinan.

“Harus selalu ada inovasi dan kolaborasi. Saya pernah lewat di Sukorejo dan sangat mendukung rencana wisata religi,”ujarnya

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengaku sangat senang sambutan Menteri Sandiaga Uno terkait pengembangan wisata Merak-Baluran dan Wisata Religi di Sukorejo. Oleh karena itu, Pemkab akan bersiap-siap untuk segera membangun infrastruktur, mengingat sudah ada MoU antara Pemkab dan taman nasional baluran.

“Tadi pak Menteri sudah menyampaikan sendiri akan berkunjung ke Situbondo. Semoga pengembangan wisata di Situbondo segera terealisasi,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain