Satu Jam Petugas Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan

0
88
bhasafm
Petugas BPBD Situbondo berjibaku memadamkan api (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Untuk kesekian kalinya kebakaran hutan kembali terjadi Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Sekitar satu jam petugas Perhutani dan BPBD harus berjibaku untuk memadamkan api.

Petugas kesulitan mengendalikan api karena sulitnya medan di kawasan hutan. Selain itu, banyaknya lahan kering serta angin yang bertiup kencang menyebabkan api dengan cepat menyebar luas.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan butuh waktu sekitar satu jam untuk memadamkan api. Petugas dari BPBD dan Perhutani melakukan pemadaman secara manual, karena medan di kawasan hutan penuh tebing dan bebatuan terjal.

BACA JUGA :  Taman Kota, Bikin Asyik Jadi Tempat Rekreasi dan Selfie

“Agak kesulitan memadamkan api karena lokasinya sangat sulit. Kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 dan satu jam kemudian api baru berhasil kami padamkan,” katanya, Minggu, 22 Agustus 2021.

Puriyono mengatakan kebakaran hutan berada di petak 44L  BKPH Panarukan di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran, dugaan sementara karena sengaja dibakar orang tak bertanggungjawab.

“Kemungkinan dibakar orang tak bertanggungjawab. Saat ini masih dalam penyelidikan aparat kepolisian,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain