30.2 C
Situbondo
Kamis, April 25, 2024

Tim Rukyatul Hilal di Pelabuhan Kalbut Situbondo Tak Bisa Lihat Hilal

Situbondo, Bahasafm.co.id– Pelaksanaan Rukyatul Hilal di pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangatan, Kabupaten Situbondo, tidak bisa melihat hilal. Badan Hisab Rukyah (BHR) Kabupaten Situbondo menyebutkan bahwa tak bisa melihat hilal karena berada di bawah satu derajat.

Menurut Tim BHR, Irfan Helmi, dalam posisi hilal kurang dari satu derajat, maka sangat mustahil bisa dilihat. Dengan begitu, hitungan bulan Sya’ban genap 30 hari dan 1 Ramadhan 1445 Hijriyah diperkirakan jatuh pada hari Selasa.

“Jadi tidak mungkin bisa dilihat karena ketinggiannya kurang dari satu derajat.  Untuk satu derajat itu seperti jari kelingking,”  kata Irfan Helmi, Minggu, 10 Maret 2024.

BACA JUGA :  Jalan Pantura Sempat Macet Total Akibat Kendaraan Memaksa Masuk Arus Buka Tutup

Menurut  Irfan, bahwa sesuai ketentuan Kementerian Agama RI dan sudah disepakati kalangan ormas, bahwa ketinggian hilal bisa di observasi harus tiga derajat. Sedangkan elongasinya atau jarak matahari dan bulan kurang lebih minimal 6 derajat.

Dikatakan, kalau ada  yang mengaku melihat hilal dalam posisi kurang dari satu derajat, maka hal itu pasti ditolak atau dipertentangkan secara kelimuan. Oleh karena itu, ia mengaku kalau penentuan 1 Ramadhan menjadi kewenangan pemerintah.

BACA JUGA :  Nekat Gadai Motor Milik Polisi, Dua Orang Diamankan Kejari

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles