Ada Tambahan 20 Pasien Covid-19 di Situbondo

0
99
Update Kasus Covid 19 di Situbondo

Situbondo- Kembali terjadi lonjakan pasien Covid-19 di Situbondo Jumat, 18 Juni 2021. Berdasarkan data Satgas, ada tambahan 20 pasien baru tersebar di enam Kecamatan. Sebaran terbanyak di Kecamatan Banyuputih yaitu 11 orang pasien.

Saat ini, jumlah total pasien sedang menjalani perawatan medis sebanyak 88 orang, terdiri dari 17 pasien dirawat di rumah sakit, 5 pasien dirawat di gedung observasi serta 65 pasien isolasi mandiri.

Melonjaknya pasien baru ini menyebabkan lima Kecamatan di Situbondo berstatus zona oranye atau resiko sedang penyebaran Covid. Lima Kecamatan itu adalah Besuki,Panarukan, Situbondo, Panji dan Banyuputih.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah,mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu menerapkan 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas.

BACA JUGA :  Bupati Minta Aparat Penegak Hukum Tindak Tegas Apotek Nakal

Syaifullah mengaku, Satgas telah mengambil beberapa langkah mencegah  penyebaran Covid-19. Selain menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, Satgas juga menekan mobilitas keluar masuk masyarakat ke Situbondo, salah satunya melalui tes antigen di sejumlah pelabuhan.

Syaifullah menegaskan, saat ini Satgas menggalakan vaksinasi untuk pengendalian Covid. Sesuai perintah Bupati Karna Suswandi, petugas vaksinator diminta turun langsung ke desa-desa melibatkan RT dan RW untuk mempercepat vaksinasi.

“Satgas melakukan PPKM hingga 28 Juni mendatang. Oleh karena itu masyarakat dihimbau mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

 Reporter: Zaini Zain